JADI NARASUMBER BINTAL FUNGSI KOMANDO, KAJUR KPI AJAK KELUARGA BESAR SESKO TNI BELAJAR DARI ASHABUL KAHFI

Bandung. Bertempat di Masjid Djannatul Ma’wa Sesko TNI jalan RAA Martanegara Kota Bandung, Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag, Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung mendapat tugas menjadi narasumber kegiatan Bintal Fungsi Komando Rohani Islam di Lembaga Sekolah Komando Tentara Nasional Indonesia (19/02/2020).

Dalam kegiatan yang dihadiri langsung oleh Wakil Komando, para Direktur dan unsur Tingi Sedko TNI lainnya itu, Aang Ridwan mengajak seluruh keluarga besar Sesko TNI untuk belajar dari Ashabul Kahfi. Tujuh Pemuda yang disebut Allah dalam Surat Al-Kahfi ayat 9-26 ini, laik dikaji untuk diambil ibrah terutama terkait dengan turunnya rahmat Allah pada mereka.

Dalam dinamika menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara, dimana kerap kali dihadapkan pada kenyataan adanya kesenjangan antara asa dengan realita, lanjut Aang Ridwan, sesungguhnya yang dibutuhkan seluruh elemen bangasa, termasuk keluarga besar Tentara Nasional Indonesia  adalah rahmat Allah.

"Rahmat Allah adalah kasih sayang Allah. ini merupakan gabungan dari sifat rahman dan rahim Allah. Selain itu, dalam Al-Qur’an surat al-ahzab ayat 17, rahmat Allah adalah pertolongan dan kemenangan yang Allah berikan kepada hamba-Nya yang dikehendaki. Ashabul Kahfi, adalah sekelompok pemuda yang Allah kehendaki untuk mendapatkan rahmat-Nya,” jelas Aang.

Rahmat yang Allah berikan kepada para pemuda itu, jelas Aang. setidaknya dalam empat bentuk, yakni; diberi petunjuk (QS. Al-Kahfi: 13), diberi keteguhan hati (QS. Al-Kahfi: 14), diistirahatkan dalam tidur panjang (QS. Al-Kahfi: 25), dan diberi penjagaan alam semesta (QS. Al-Kahfi: 17).

Hal yang laik dijadikan pelajaran, tutur Aang Ridwan lebih jauh, adalah kenapa para pemuda Ashabul Kahfi diberi kasih sayang, pertolongan dan kemenangan dari Allah?. Atas pertanyaan itu Aang menjelaskan setidaknya ada enam sebab, yakni; para pemuda ashabul kahfi adalah para pemuda yang berjamaah dalam ketaatan, keimanan mereka streil dari kemusyrikan, mereka konsisten dalam berbuat baik, mereka melakukan hijrah dengan cara yang baik, melibatkan Allah dalam do’a, dan mereka istiqomah dalam keimanan. Itulah menurut Aang Ridwan diantara pelajaran berharga dari kisah Ashabul Kahfi.

Di akhir kegiatan, ketua Jurusan KPI yang sudah sering menjadi narasumber di sesko TNI ini, menyatakan kebanggaannya kepada seluruh elemen di Sesko TNI yang telah Istiqomah melakukan kegiatan Bintal Rohani Islam. 

Wisuda ke-73 UIN Bandung Luluskan 1078 Mahasiswa

.Wisuda ke-73 resmi digelar pada Minggu (20/1/2019) di Aula Anwar Musaddad UIN SGD Bandung. Dalam wisuda kali ini Rektor UIN…

Mahasiswi KPI UIN Bandung Raih Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah DISPUSIPDA Jawa Barat

.

Sabtu (05/09/2020). Dua orang Mahasiswi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung…

DPD ASKOPIS JAWA BARAT Selenggarakan Webinar Komunikasi Islam

.

Rabu (17/06) Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan…

FOTOGRAFER KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN RI BERI MASUKAN MATA KULIAH BARU UNTUK PRODI KPI

.

Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN…

Kunjungan Hari Ini:
Kunjungan Kemarin:
Total Kunjungan: