PRODI KPI BERSINERGI DENGAN KPID JABAR

Sebagai Institusi pendidikan yang fokus mengkaji ragam proses dan ragam produk komunikasi dan penyiaran, Progran Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dituntut untuk bisa bersinergi dengan berbagai institusi, terutama institusi regulasi penyiaran di Indonesia, dalam hal ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), demikian, penuturan Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag, Ketua Prodi KPI Fidkom UIN Bandung, ketika menerima kunjungan Tenaga Pemantau KPI Daerah Jawa Barat, Rian Hajati Akbar, senin 10-02-2020.

Sinergi menurut Aang sangat urgen dilakukan terutama terkait dengan keharusan Perguruan Tinggi dalam memahami berbagai macam aturan dan regulasi yang menyangkut dengan kegiatan penyiaran. Terlebih secara spesifik persoalan ini menyangkut erat dengan sajian mata kuliah di prodi KPI, yaitu Hukum dan Etika Pers. Terkait mata kuliah ini, seluruh mahasiswa KPI harus memahami berbagai produk hukum dan regulasi penyiaran di Indonesia.

Berikutnya sinergi antara kedua belah pihak harus dilakukan terutama untuk membangun pengetahuan mahasiswa menyangkut tupoksi lembaga penyiaran. Selain itu, langkah-langkah praksis penting, seperti bagaimana proses memantau produk siaran, evaluasi penyiaran sampai apresiasi produk penyiaran, sangat penting diketahui civitas akademika Prodi KPI.

Dalam kesempatan yang sama, Rian Hajati Akbar, yang tercatat sebagai alumni prodi KPI Fidkom UIN Bandung angkatan 2010, menyampaikan tanggapannya, bahwa sinergi aantara KPID Jawa Barat dengan Prodi KPI, juga urgen dilakukan terutama untuk mencari SDM alumni Prodi KPI yang bisa berkiprah atau berkarir di lembaga-lembaga penyiaran termasuk di KPID.

Lebih jauh menurut Rian, alumni Prodi KPI yang berkiprah di KPID memiliki rekam jejak yang prestatif. Rian menyebut sosok Dr. Aep Wahyudin, M.Ag, salah seorang komisioner Bidang Isi Siaran KPID Jawa Barat yang nota bene alumni Prodi KPI Fidkom UIN Bandung, cukup prestatif. Selain itu mahasiswa dan mahasiswi KPI yang melakukan kegiatan magang di KPID, juga menunjukan rekam jejak yang baik. Rian berharap sinergi antara Prodi KPI dan KPID terus berjalan dan dipertahankan (kpi-ar).

Dosen KPI Ikuti Workshop Bersama Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung

.

Bandung - Dosen Komunikasi Penyiaran Islam beserta seluruh dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengikuti kegiatan…

UMRAH DAN IRONI AKHIR ZAMAN

.

Oleh: Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag. (Ketua Prodi KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung)

Suatu ketika…

KAJUR KPI BAGIKAN TIPS SHOLAT IDUL FITRI DI TENGAH PANDEMI COVID-19

.

Jelang Hari Kemenangan untuk Umat Islam di Dunia, imbauan salat Idul Fitri di rumah mulai dikampanyekan.

MODUS BLACK CAMPAIGN

.

Oleh: Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag

Hiruk pikuk kampanye dalam rangka remach (tanding ulang) kandidasi antara…

Kunjungan Hari Ini:
Kunjungan Kemarin:
Total Kunjungan: