BADAN SENSOR FILM KUNJUNGI PRODI KPI FIDKOM UIN BANDUNG

Ketua Bidang Penyensoran Lembaga Sensor Film Republik Indonesia sekaligus Pimpinan Redaksi Majalah Sensor, M Sudama Dipawikarta atau yang akrab dipanggil Kang Dipa Galuh Purba, pada hari Jumat tanggal 07 Februari 2020, ditengah kesibukannya bertugas di LSF RI, menyempatkan diri untuk berkunjung ke Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dalam kunjungannya itu, Dipa Galuh Purba menyampaikan kerinduannya untuk kembali mengajar di Prodi KPI seperti sebelum bertugas di LSF RI. Yang terpenting dalam kunjungan itu, Kang Dipa menyampaikan beberapa masukan pada prodi KPI terkait perkembangan dunia cinematografi dakwah dan perfilman nasional kontemporer. Cinematografi dakwah, merupakan kemestian untuk dikaji lebih dalam dan serius di prodi KPI. Sebab produk cinematografi dakwah terutama dalam bentuk Film Layar Lebar memiliki pengaruh yang laten kepada masyarakat.

Karena itu, kajian tentang cinematografi Islam sebagai wilayah atau ranah kompetensi I’lam, bukan sekedar menjadi bagian dari mata kuliah tertentu, tetapi harus independen menjadi mata kuliah mandiri.  Dengan menjadi mata kuliah yang mandiri, kajian cinematografi akan menjadi kerangka referensi untuk mahasiswa KPI dalam mengembangkan sekaligus memperluas wawasan tentang dunia perfilman.

Dalam kunjungan itu, Kang Dipa juga memeberikan konstribusi berharga bagi Prodi KPI Fakultas dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam bentuk  karya terbarunya, buku yang bertajuk, “Sensor Kontemporer, Pandangan pada Perkembangan sensor Film di Indonesia”.

Buku ini, ungkap Kajur KPI Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag, menjadi konstribusi yang sangat berharga untuk kepentingan pengembangan prodi KPI selain tentunya akan menjadi bahan referensi baru bagi mata kuliah Teknik Produksi Sinetron dan Film Dakwah dan mata kuliah lainnya yang mengkaji dunia perfilman.

Diakhir pertemuan, sekjur KPI Dr. Uwes fatoni M.Ag mengajukan permohonan tentang kemungkinan melakukan MOU atau kerjasama antara Prodi KPI dan LSF RI. Kerjasama dibutuhkan terutama untuk kepentingan magang dan Praktik Profesi Mahasiswa (PPM). Berikunya prodi KPI mengharap agar Kang Dipa Galuh Purba bisa menyempatkan waktu untuk memberi kuliah umum tentang perfilman bagi  Mahasisa Kpi minimal satu kali dalam satu semester. (kpi-ar)  


JIHAD MEDIK KAUM PEREMPUAN

.

Setiap kali bertugas melayani jemaah untuk ziarah ke medan Khandaq, penulis selalu…

SEKJUR KPI MENGISI PEMBINAAN ROHANI DI MAPOLDA JABAR

.

Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag. sebagai sekretaris Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan…

Wisuda ke-73 UIN Bandung Luluskan 1078 Mahasiswa

.Wisuda ke-73 resmi digelar pada Minggu (20/1/2019) di Aula Anwar Musaddad UIN SGD Bandung. Dalam wisuda kali ini Rektor UIN…

DPD ASKOPIS Jawa Barat dan Prodi KPI FDK UIN Bandung Selenggarakan Webinar Komunikasi Islam Series 2

.

Kamis (01/04) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Prodi KPI Se-Indonesia (ASKOPIS)…

Kunjungan Hari Ini:
Kunjungan Kemarin:
Total Kunjungan: