Basic Paradigmatik Keilmuan

Untuk mewujudkan visi, misi, diperlukan basic paradigmatik keilmuan yang ajeg, jelas dan clear cut. Dengan begitu konstruksi kompetensi mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan terwujud dengan sistemik. Secara epistemilogis yang menjadi basic paradigmatik dalam konstruksi komptensi  mahasiswa jurusan KPI adalah kolaborasi sinergis antara ilmu dakwah dan  Ilmu komunikasi.

Ilmu Dakwah adalah disiplin ilmu yang mengkaji proses dakwah yang disusun secara sistematis, logis, empiris, teologis dan filosofis. Pemahaman ini mengacu pada abstraksi (konseptualisasi) realitas proses dan medan dakwah. Ia juga sering dipahami sebagai Ilmu yang membahas tata cara dakwah islamiyah dengan menggunakan metode ilmiah baik istinbat, iqtibas, maupun istiqra, untuk menegakan keadilan dan hak.

Jika mengacu pada proses dakwah dalam tatanan realitas dan berpedoman pad QS Fushshilat (41) ayat 33, dakwah dapat dirumuskan sebagai kewajiban menyeru, mengajak, dan memanggil manusia mengesakan Allah (tawhidullah) melalui ahsan qawl, ‘ahsan amal, dan pernyataan ketundukkan kepada Allah.

Menurut ayat ini, secara praksis kegiatan dakwah dapat diwujudkan dalam tiga bentuk utama, yakni, ahsan qawl (perkataan yang baik), ahsan ‘amal (perbuatan yang baik), dan keterpaduan antara keduanya yang disimbolisasi dalam makna qala inani min al-muslimin (gerakan project percontohan yang baik).  Bentuk Da’wah bi ahsan qawl  diformulasikan jadi dua Dimensi (kategori), yakni; Tabligh Islam yang memiliki tiga bentuk utama : Khitobah, Kitabah dan I’lam,  dan  Irsyad, Wa’zh (Taujih), dan Istisyfa Islam. Adapun  bentuk da’wah bi ahsan ‘amal diformulasikan jadi dua Dimenssi (kategori), yaituTadbir Tathbiq Islam, yaitu manajemen kelembagaan dakwah Islam dan, Tathwir Qawm Muslim, pemberdayaan SDM, SDA, SDE dalam rangka pemenuhan kebutuhan dharuriyah, haijyah, dan tahsiniyah umat Islam.

Basic paradigmatic kedua yang menjadi pijakan konstruksi kompetensi mahasiswa KPI adalah ilmu komunikasi, yakni ilmu yang mengkaji secara  mendalam, fundamental, metodologis, sistematis, analitis, kritis, dan komprehensif proses penyampaian pesan antar manusia. Secara praksis Ilmu komunikasi satu rumpun dengan ilmu dakwah, yakni ilmu sosial yang didalamnya mengkaji  komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi massa, komunikasi antar budaya, dan lain-lain.

Melalui kolaborasi sinergis antara ilmu dakwah dan ilmu komunikasi, secara aksiologis diharpakan bisa menjadi kerangka referensi (frame of reference) dan kerangka pengalaman (field of expereince) mahasiswa yang memiliki kompetensi dalam bidang tabligh dan tiga ranah utamanya yakni khitobah (public speaking), kitabah (writing) dan I’lam (broadcasting).


SEMINAR INTERNASIONAL DAN KONFERENSI NASIONAL KNKI III ASKOPIS 2019

.

Dalam rangka penguatan keilmuan dan kelembagaan, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan…

MUTHIA ZAHIDAH MAHASIWI KPI PENGGIAT WEBTOON

.

Sebagai implementasi dari kompetensi yang dikembangkan pada Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah…

MERAIH RAHMAT ALLAH

.

Usai sholat magrib, saya mengajak jemaah khalifah tour untuk melingkar iman,…

Mahasiswi KPI UIN Bandung Raih Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah DISPUSIPDA Jawa Barat

.

Sabtu (05/09/2020). Dua orang Mahasiswi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung…

Kunjungan Hari Ini:
Kunjungan Kemarin:
Total Kunjungan: